14 Ags 2020
Home
×
Login Area
Tentang (LKK)
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Berita
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Operator/Agency/vessel name/voyage
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA

 


BERITA
Berita lainnya | 1 2 3 4 ... 145 Next >>


Persiapan TSS Selat Sunda & Lombok, Libatkan Stakholder Maritim - 11 Jun 2020
Bagan pemisahan alur laut atau Traffic Seperation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok resmi diberlakukan secara penuh pada 1 Juli 2020.

Hal ini menunjukan bahwa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) pertama di dunia yang memiliki TSS di alur laut kepulauan Indonesia.

Menyambut pemberlakuan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan persiapan, baik dari Sumber Daya Manusia maupun Sarana dan Prasarananya.

Persiapan lain yang dilakukan salah satunya dengan melakukan patroli keamanan bersama dengan Institusi/Stakeholder Maritim.

"Dapat kami informasikan bahwa TSS Selat Sunda dan Lombok ini akan efektif berlaku mulai 1 Juli 2020. Saya dan...

Trucking Siap Patuhi Aturan Batch Number Truk di JICT - 11 Jun 2020
Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Koordinatoriat Jakarta mengungkapkan, operator truk di pelabuhan Tanjung Priok sudah banyak yang mematuhi perbaikan batch number pasca adanya himbauan PT Jakarta International Container Terminal (JICT), untuk melakukan hal itu.

"Sudah kami sosialisasikan ke semua perusahaan truk di Jakarta dan mayoritas sudah dilakukan perbaikan batch number di truk yang dioperasikannya," Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aptrindo Koordinator DKI Jakarta, Dharmawan Witanto.

Himbauan untuk memperbaiki batch number trucking dituangkan melalui surat PT Jakarta International Container Terminal (JICT), tanggal 5 Mei 2020 nomor: HM.606/2/6/JICT-2020 tentang perbaikan batch number dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat...

Pembatasan Truk Dikhawatirkan Hambat Ekspor Tanjung Perak, Ini Pandangan IMLOW - 11 Jun 2020
Masih minimnya dukungan Infrastruktur jalan di Bali menyebabkan terjadinya keberatan para pengusaha truk logistik dengan adanya rencana kebijakan pembatasan operasional angkutan barang di jalan nasional Denpasar-Gilimanuk.

Selain itu, pemerintah juga mesti fokus mengawasi operasional truk obesitas atau over dimensi dan over load (ODOL) baik yang dari wilayah Barat (yang hendak ke Bali) maupun yang dari arah Timur, hendak keluar dari Bali.

"Karena itu perlu disiapkan tol Trans Bali, sebab persoalannya adalah infrastruktur jalan yang masih minim. Disisi lain komitmen memberantas truk ODOL harus tetap berjalan," ujar Achmad Ridwan Tentowi, Sekjen Indonesia Maritime Logistic and Transportation Watch (IMLOW).

Dia menyampaikan hal itu guna memberikan...

BP Batam Kaji Ulang Pengembangan Pelabuhan Batuampar - 11 Jun 2020
Kajian Pelindo II terhadap Pelabuhan Batuampar dinilai masih belum tepat. BP Batam merencanakan kaji ulang pengembangan pelabuhan bongkar muat barang tersebut.

Menurut, Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Nelson Idris kajian pertama ternyata tidak cocok dari sudut kondisi pelabuhannya. "Mereka (Pelindo II) tidak yakin dengan dermaga seperti itu bisa menampung kapal besar dan alat berat," kata Nelson, Rabu (10/6/2020).

Rencananya, pembahasan kaji ulang tersebut akan dilakukan minggu ini bersama Pelindo 2 di Kantor Pelabuhan Batam Center.  Lebar pelabuhan yang sebelumnya ditargetkan 30 meter akan ditambah lagi 16 meter untuk rel alat berat berjalan.

"Mereka khawatir dengan kondisi pelabuhan, kajian yang sebelumnya tidak mampu untuk menampung...

Ekspor Indonesia Diramal Tumbuh Negatif Sepanjang 2020 - 11 Jun 2020
 Jakarta Kondisi ekspor Indonesia sepanjang 2020 diprediksi terkoreksi negatif. Hal ini terjadi seiring dampak dari Covid-19 yang membuat permintaan sejumlah negara-negara tujuan ekspor mengalami penurunan.

"Ekspor ini agak susah. Karena ekspor ini masih bergantung dengan kondisi ekonomi global. Ekspektasi untuk tahun ini masih negatif kalau perhitungan kasar kami," ungkap Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Reza Yamora Siregar, dalam diskusi virtual di Jakarta.

Kondisi pelemahan ekspor ini juga membuat permintaan impor Indonesia ke negara tujuan menjadi rendah. Sehingga kedua sektor ini pertumbuhannya akan sama-sama mengalami tekanan mendalam.

"Jadi kalau kita bicara net ekspor, ekspor minus impor, kan posisi kita sudah cukup...

IMBAS COVID-19: Terminal MAL Beri Insentif Penumpukan di Priok, Terminal Lain Kapan ? - 09 Apr 2020
PT Mustika Alam Lestari, operator terminal peti kemas (T300/TMAL) di pelabuhan Tanjung Priok memberikan insentif kepada para perusahaan importir di pelabuhan Tanjung Priok, yang melakukan pengeluaran/mengambil petikemas impor secepatnya.

Hal tersebut disampaikan melalui Surat Edaran yang ditandatangani Direksi PT MAL pada 3 April 2020 kepada pelanggan impor di terminal peti kemas itu.

Dalam Edaran itu disebutkan, bahwa mulai tanggal 4 April 2020, PT MAL membebaskan biaya penumpukan kepada importir yang mengambil peti kemas-nya dalam waktu 3 hari sesudah peti kemas dibongkar. Insentif itu berlaku sampai dengan tanggal 19 April 2020.

"Jika importir mengambil peti kemas-nya di atas tiga hari maka biaya penumpukan untuk hari ke 2 dan hari ke 3 tetap...

Pebisnis Keluhkan Layanan Impor di Priok - 09 Apr 2020
Pebisnis di pelabuhan Tanjung Priok mengharapkan perlunya komitmen bersama stakeholder untuk lebih cepat memperbaiki kondisi melesunya aktivitas ekspor impor, akibat pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia saat ini.

"Kita perlu ingatkan juga agar operator pelabuhan, para pejabat dan pelaksana kebijakan pemerintah di pelabuhan Priok harus tetap bisa melayani kebutuhan pelaku usaha, termasuk importasi jika ingin membantu kegiatan usaha berjalan lancar dalam kondisi sekarang ini," ujar Ketua Umum BPP Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (BPP) GINSI, Capt Subandi melalui keterangan pers-nya, pada Rabu (8/4/2020).

Dia mengungkapkan, ditengah penanganan pandemi Covid-19 saat ini, pebisnis di Tanjung Priok justru kerepotan karena tidak sedikit yang...

E-Commerce Pastikan PSBB Tak Ganggu Pengiriman Barang ke Pelanggan - 09 Apr 2020
Blibli memastikan pengoperasian sistem logistiknya akan berjalan normal di tengah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Di saat mobilitas terbatas akibat COVID-19, e-commerce seperti Blibli menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam melaksanakan aktivitas ritel. "Blibli bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keseluruhan rantai logistik, yang merupakan tulang punggung e-commerce, berjalan lancar dan tanpa henti," kata Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, dalam keterangan resminya, Selasa (7/4/2020).

Lisa menambahkan, hadirnya infrastruktur logistik milik Blibli di lokasi strategis memungkinkan Blibli mengontrol proses dan menjaga kualitas layanan...

Truk Kontainer Berbeban Lebih, Bupati Berau Panggil Pengusaha Atur Bongkar Muat di Pelabuhan - 09 Apr 2020
Masih adanya truk-truk pengangkut kontainer yang lalu lalang di jalan dengan beban berlebih mendapatkan respon dari Pemerintah Kabupaten Berau. Sejumlah pengusaha dan pihak yang berkepentingan pun dipanggil untuk pengaturan mekanisme aktivitas bongkar muat yang akan dilakukan.

Pertemuan dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram, di ruang rapat Sangalaki, Kantor Bupati Berau, Selasa (7/4/2020). Hadir dalam pertemuan KUPP, pengusaha, Kadin, TKBM dan pihak lainnya.

Dalam rapat tersebut dibicarakan mekanisme yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan jalan dan jembatan akibat beban muatan berlebih tersebut.

Muharram menyampaikan, bahwa aktivitas pengangkutan kontainer yang dijalankan selama ini cukup membahayakan kondisi jalanan. Dimana beban...

Cegah Virus Corona,Ini Himbauan ALFI DKI ke Anggotanya - 11 Jun 2020
Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Provinsi DKI Jakarta menerbitkan himbauan agar para perusahaan forwarder dan logistik di DKI Jakarta turut mencegah meluasnya virus Corona (Covid-19) yang menurut WHO kini sudah menjadi pandemi di Indonesia.

Ketua DPW ALFI DKI Jakarta, Adil Karim mengatakan, himbauan itu telah disampaikan kepada para Pimpinan sekitar 1400 perusahaan anggota asosiasi itu di Jakarta, melalui surat DPW ALFI DKI pada 18 Maret 2020 yang ditandatangani Adil Karim (Ketua Umum DPW ALFI DKI) dan Sekretaris Umum Wilayah, Fauzan A Musa.

"Kita mengimbau agar perusahaan anggota ALFI di DKI turut mencegah dan mengantisipasi penyebaran wabah virus Covid-19 itu, sesuai dengan himbauan Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat dalam upaya mencegah...

Jokowi Sebut Ekosistem Logistik Nasional Belum Efisien, Begini Respon ALFI - 20 Mar 2020
Layanan logistik nasional hingga kini masih belum efisien dari sisi waktu maupun biaya, dan olehkarenanya dibutuhkan platform logistik yang mumpuni dari hulu sampai ke hilir.

Masih ruwetnya sisi birokrasi, banyaknya pengulangan, repetisi dan duplikasi perizinan serta masih kuatnya ego sektoral kementerian lembaga, juga menjadi salah satu pemicu ketidakefisienan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, saat memimpin ratas secara telekonferensi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/3/2020) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menyayangkan hal ini lantaran biaya logistik, biaya transportasi di Indonesia masih merupakan komponen terbesar yang tidak reliable.

Posisi Indonesia masih di peringkat 46 berdasarkan Logistic Performance Index (LPI) 2018. Angka ini...

Bukan Lockdown, Ini Alternatif Cegah Corona dari Sektor Logistik - 20 Mar 2020
Pembatasan pergerakan manusia dalam proses distribusi barang bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi, menyatakan pada situasi terdampak pandemi corona, pergerakan barang dan pergerakan manusia untuk mendapatkan barang harus dibatasi dengan membangun suatu sistem logistik yang dapat meminimalkan potensi penyebaran wabah.

Dia menuturkan perlu ada beberapa pertimbangan dari sisi logistik dan rantai pasok distribusi. Pergerakan ini dibatasi dalam proses pengiriman barang dari sumber pasokan ke suatu kota.

"Selain itu, pembatasan pergerakan juga dilakukan di dalam kota tersebut, yaitu pergerakan orang dari rumah ke lokasi ritel seperti pasar modern maupun...

Distribusi Kargo via Tol Laut Diperketat - 17 Mar 2020
Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menemukan adanya dugaan penyimpangan data muatan Tol Laut yang terjadi di Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Terjadinya penyimpangan data muatan tol laut disebabkan adanya perbedaan data dengan muatan dan Pemerintah menyiapkan sanksi terhadap pelaku pelanggaran Standard and Procedure (SOP) atau mekanisme penyelenggaraan program Tol Laut tersebut.

Demikian disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko saat melakukan jumpa pers di Pelabuhan Tahuna bersama dengan tim gabungan tol laut.

Tim Gabungan yang terdiri dari Timsus Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Bareskrim Mabes Polri, Polda Sulawesi Utara (Sulut), Lanal Sangihe dan Dinas...

Waspadai Penyebaran Virus Corona, Ini Antisipasi JICT & TPK Koja - 17 Mar 2020
Dua operator terminal peti kemas internasional di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta mengambil langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) yang sudah dinyatakan WHO sebagai pandemi.

Kedua operator peti kemas yang melayani kegiatan bongkar muat ekspor impor itu yakni Jakarta International Container Terminal (JICT) dan Terminal Peti Kemas (TPK) Koja.

"Kiita juga menyiapkan upaya antisipasi terhadap penyebaran virus corona (Covid-19). Tidak hanya buat eksternal tetapi juga beberapa kebijakan buat internal pegawai untuk mengurangi jumlah pegawai yang berinteraksi satu sama lain," ujar Wakil Dirut PT JICT Riza Erivan.

Sebagaimana diketahui, pengelolaan JICT maupun TPK Koja saat ini dilaksanakan melalui kepemilikan saham antara Hutchison...

Pelindo III Dorong Percepatan JIIPE Menjadi KEK - 17 Mar 2020
 Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus mendorong percepatan terwujudnya Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teknologi dan Manufaktur. Upaya ini guna mendorong pengusaha dan pemilik modal untuk berinvestasi di JIIPE sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan baru.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pihaknya merupakan salah satu pemegang saham JIIPE yang telah mengajukan permohonan JIIPE menjadi KEK Teknologi dan Manufaktur sejak setahun lalu. Ia berharap Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan pemerintah daerah mendukung rencana ini sehingga mempermudah pengembangan JIIPE ke depannya.

"Kita...