30 Mei 2020
Home
×
Login Area
Tentang (LKK)
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Berita
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Operator/Agency/vessel name/voyage
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA

 


BERITA
Berita lainnya | 1 2 3 4 ... 145 Next >>


IMBAS COVID-19: Terminal MAL Beri Insentif Penumpukan di Priok, Terminal Lain Kapan ? - 09 Apr 2020
PT Mustika Alam Lestari, operator terminal peti kemas (T300/TMAL) di pelabuhan Tanjung Priok memberikan insentif kepada para perusahaan importir di pelabuhan Tanjung Priok, yang melakukan pengeluaran/mengambil petikemas impor secepatnya.

Hal tersebut disampaikan melalui Surat Edaran yang ditandatangani Direksi PT MAL pada 3 April 2020 kepada pelanggan impor di terminal peti kemas itu.

Dalam Edaran itu disebutkan, bahwa mulai tanggal 4 April 2020, PT MAL membebaskan biaya penumpukan kepada importir yang mengambil peti kemas-nya dalam waktu 3 hari sesudah peti kemas dibongkar. Insentif itu berlaku sampai dengan tanggal 19 April 2020.

"Jika importir mengambil peti kemas-nya di atas tiga hari maka biaya penumpukan untuk hari ke 2 dan hari ke 3 tetap...

Pebisnis Keluhkan Layanan Impor di Priok - 09 Apr 2020
Pebisnis di pelabuhan Tanjung Priok mengharapkan perlunya komitmen bersama stakeholder untuk lebih cepat memperbaiki kondisi melesunya aktivitas ekspor impor, akibat pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia saat ini.

"Kita perlu ingatkan juga agar operator pelabuhan, para pejabat dan pelaksana kebijakan pemerintah di pelabuhan Priok harus tetap bisa melayani kebutuhan pelaku usaha, termasuk importasi jika ingin membantu kegiatan usaha berjalan lancar dalam kondisi sekarang ini," ujar Ketua Umum BPP Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (BPP) GINSI, Capt Subandi melalui keterangan pers-nya, pada Rabu (8/4/2020).

Dia mengungkapkan, ditengah penanganan pandemi Covid-19 saat ini, pebisnis di Tanjung Priok justru kerepotan karena tidak sedikit yang...

E-Commerce Pastikan PSBB Tak Ganggu Pengiriman Barang ke Pelanggan - 09 Apr 2020
Blibli memastikan pengoperasian sistem logistiknya akan berjalan normal di tengah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Di saat mobilitas terbatas akibat COVID-19, e-commerce seperti Blibli menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam melaksanakan aktivitas ritel. "Blibli bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keseluruhan rantai logistik, yang merupakan tulang punggung e-commerce, berjalan lancar dan tanpa henti," kata Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, dalam keterangan resminya, Selasa (7/4/2020).

Lisa menambahkan, hadirnya infrastruktur logistik milik Blibli di lokasi strategis memungkinkan Blibli mengontrol proses dan menjaga kualitas layanan...

Truk Kontainer Berbeban Lebih, Bupati Berau Panggil Pengusaha Atur Bongkar Muat di Pelabuhan - 09 Apr 2020
Masih adanya truk-truk pengangkut kontainer yang lalu lalang di jalan dengan beban berlebih mendapatkan respon dari Pemerintah Kabupaten Berau. Sejumlah pengusaha dan pihak yang berkepentingan pun dipanggil untuk pengaturan mekanisme aktivitas bongkar muat yang akan dilakukan.

Pertemuan dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram, di ruang rapat Sangalaki, Kantor Bupati Berau, Selasa (7/4/2020). Hadir dalam pertemuan KUPP, pengusaha, Kadin, TKBM dan pihak lainnya.

Dalam rapat tersebut dibicarakan mekanisme yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan jalan dan jembatan akibat beban muatan berlebih tersebut.

Muharram menyampaikan, bahwa aktivitas pengangkutan kontainer yang dijalankan selama ini cukup membahayakan kondisi jalanan. Dimana beban...

Jokowi Sebut Ekosistem Logistik Nasional Belum Efisien, Begini Respon ALFI - 20 Mar 2020
Layanan logistik nasional hingga kini masih belum efisien dari sisi waktu maupun biaya, dan olehkarenanya dibutuhkan platform logistik yang mumpuni dari hulu sampai ke hilir.

Masih ruwetnya sisi birokrasi, banyaknya pengulangan, repetisi dan duplikasi perizinan serta masih kuatnya ego sektoral kementerian lembaga, juga menjadi salah satu pemicu ketidakefisienan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, saat memimpin ratas secara telekonferensi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/3/2020) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menyayangkan hal ini lantaran biaya logistik, biaya transportasi di Indonesia masih merupakan komponen terbesar yang tidak reliable.

Posisi Indonesia masih di peringkat 46 berdasarkan Logistic Performance Index (LPI) 2018. Angka ini...

Bukan Lockdown, Ini Alternatif Cegah Corona dari Sektor Logistik - 20 Mar 2020
Pembatasan pergerakan manusia dalam proses distribusi barang bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi, menyatakan pada situasi terdampak pandemi corona, pergerakan barang dan pergerakan manusia untuk mendapatkan barang harus dibatasi dengan membangun suatu sistem logistik yang dapat meminimalkan potensi penyebaran wabah.

Dia menuturkan perlu ada beberapa pertimbangan dari sisi logistik dan rantai pasok distribusi. Pergerakan ini dibatasi dalam proses pengiriman barang dari sumber pasokan ke suatu kota.

"Selain itu, pembatasan pergerakan juga dilakukan di dalam kota tersebut, yaitu pergerakan orang dari rumah ke lokasi ritel seperti pasar modern maupun...

Distribusi Kargo via Tol Laut Diperketat - 17 Mar 2020
Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menemukan adanya dugaan penyimpangan data muatan Tol Laut yang terjadi di Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Terjadinya penyimpangan data muatan tol laut disebabkan adanya perbedaan data dengan muatan dan Pemerintah menyiapkan sanksi terhadap pelaku pelanggaran Standard and Procedure (SOP) atau mekanisme penyelenggaraan program Tol Laut tersebut.

Demikian disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko saat melakukan jumpa pers di Pelabuhan Tahuna bersama dengan tim gabungan tol laut.

Tim Gabungan yang terdiri dari Timsus Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Bareskrim Mabes Polri, Polda Sulawesi Utara (Sulut), Lanal Sangihe dan Dinas...

Waspadai Penyebaran Virus Corona, Ini Antisipasi JICT & TPK Koja - 17 Mar 2020
Dua operator terminal peti kemas internasional di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta mengambil langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) yang sudah dinyatakan WHO sebagai pandemi.

Kedua operator peti kemas yang melayani kegiatan bongkar muat ekspor impor itu yakni Jakarta International Container Terminal (JICT) dan Terminal Peti Kemas (TPK) Koja.

"Kiita juga menyiapkan upaya antisipasi terhadap penyebaran virus corona (Covid-19). Tidak hanya buat eksternal tetapi juga beberapa kebijakan buat internal pegawai untuk mengurangi jumlah pegawai yang berinteraksi satu sama lain," ujar Wakil Dirut PT JICT Riza Erivan.

Sebagaimana diketahui, pengelolaan JICT maupun TPK Koja saat ini dilaksanakan melalui kepemilikan saham antara Hutchison...

Pelindo III Dorong Percepatan JIIPE Menjadi KEK - 17 Mar 2020
 Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus mendorong percepatan terwujudnya Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teknologi dan Manufaktur. Upaya ini guna mendorong pengusaha dan pemilik modal untuk berinvestasi di JIIPE sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan baru.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pihaknya merupakan salah satu pemegang saham JIIPE yang telah mengajukan permohonan JIIPE menjadi KEK Teknologi dan Manufaktur sejak setahun lalu. Ia berharap Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan pemerintah daerah mendukung rencana ini sehingga mempermudah pengembangan JIIPE ke depannya.

"Kita...

Pasca Ada Stimulus Ekonomi Dampak Virus Corona, Begini Harapan ALFI - 20 Mar 2020
Pemerintah telah merilis stimulus jilid II untuk meminimalisir dampak dari virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian dalam negeri. Apalagi World Health Organization (WHO) telah menetapkan virus corona sebagai pandemi global.

Stimulus ini akan lebih berfokus pada sektor produksi terutama sektor manufaktur. Sebab, sejak ditetapkan sebagai pandemi global, sektor tersebut kesulitan untuk mendapatkan barang modal dan bahan baku.

Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI), juga telah menyampaikan kepada pemerintah terkait dengan sejumlah stimulus ekonomi jangka pendek dalam mengantisipasi virus corona.

Menurut Ketum DPP ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi diperlukan percepatan kemudahan impor bahan baku tujuan ekspor dan segera mendorong...

Percepat Ekspor Impor, Pemerintah Bikin Sistem Logistik Tunggal - 16 Mar 2020
Pemerintah akan melakukan percepatan proses ekspor-impor melalui National Logistics Ecosystem (NLE) dengan membuat platform logistik tunggal yang mengolaborasikan sistem atau klaster logistik yang ada saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia perlu meningkatkan efisiensi, khususnya di bidang logistik untuk meningkatkan daya saing yang setara dengan negara-negara satu peers. Adapun, ukuran keberhasilan yang bisa digunakan antara lain Ease of Doing Business (EoDB) dan Logistic Index.

"Dampak terhadap sektor ekonomi tentu tidak dapat dielakkan lagi, pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan akan terkontraksi semakin dalam. Untuk itu, pemerintah memerhatikan isu-isu yang memerlukan kebijakan khusus," ujar...

Ritase Ekspansi ke Moda Transportasi Laut - 16 Mar 2020
Ritase sebagai usaha rintisan (startup) platform layanan logistik berbasis aplikasi melirik, transportasi laut karena berperan penting dalam pengangkutan orang maupun barang.

Kini melebarkan sayap ke sektor transportasi laut melalui RitSea. RitSea adalah platform logistik berbasis digital yang bergerak di bidang pengiriman barang melalui moda transportasi laut. Ritase menilai pasar dan permintaan moda transportasi laut sudah cukup matang dan siap ditransformasi dengan sentuhan teknologi digital.

Selama ini kedua stakeholder di dalam bisnis transportasi laut menghadapi sejumlah masalah. Bagi para pengirim (shipper), mereka direpotkan dengan keharusan menyelesaikan berbagai tahapan secara manual, mulai dari penyortiran, menghubungi pengangkut dan memantau...

Program Tol Laut Perlu Dikelola Badan Khusus - 13 Mar 2020
National Maritime Institute (Namarin) menilai Kementerian Perhubungan sudah berupaya maksimal mengelola tol laut, tetapi jangkauannya memang terlalu luas dan kewenangannya terbatas.

Direktur Namarin, Siswanto Rusdi, pun mengusulkan pembentukan badan khusus untuk mengelola program tol laut karena perlu koordinasi dari beberapa kementerian/lembaga (K/L) terkait.

"Saya lihat lima tahun ini, Kemenhub sudah berupaya maksimal. Tol laut terlalu luas, sementara [kemampuan] Kemenhub terbatas. Lagipula, sebagai regulator tidak baik terlalu operasional," jelasnya, Kamis (12/3/2020).

Kemenhub, ujar dia, sebenarnya sudah cukup kuat dalam mengendalikan biaya logistik. Utamanya, untuk voyage cost yang memang disubsidi.

Namun, lanjutnya, masih ada...

RI & Belanda Jajaki Kerjasama Sektor Transportasi - 16 Mar 2020
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi.

Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Rabu (11/3/2020).

Turut mendampingi Menhub dalam pertemuan ini Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi; Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Inspektur Jenderal Gede Pasek Suardika.

Selain itu, Kabadan PSDM Perhubungan Sugihardjo, Kabadan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B. Pramesti, Dirut Pelindo II Arif Suhartono, pejabat dari Kedutaan Besar Belanda, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Melalui...

Pelindo II: Aktivitas Kargo Turun 5% Akibat Wabah Virus Corona - 12 Mar 2020
Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) memperkirakan kunjungan kapal dan aktivitas kargo pada Februari 2020 berkurang hingga 5% seiring dengan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Suparjo Kasnadi, General Manager IPC Tanjung Priok, mengakui adanya dampak dari penurunan kinerja. Selama dua bulan terakhir juga adanya pengurangan kol kapal terjadi untuk pergerakan dari dan ke Asia walaupun menurutnya tergolong tidak terlalu signifikan.

"Saat ini saja sudah mulai terjadi sedikit pengurangan arus kapal, penurunan arus barang terutama untuk internasional, Asia Timur terutama di Pelabuhan Tanjung Priok karena pelabuhan itu pelabuhan terbesar. Penurunannya sampai dengan Februari sekitar 5% lah," jelasnya di Jakarta.

Menurutnya, virus Covid-19 memberikan dampak...