23 Sep 2019
Home
×
Login Area
Tentang (LKK)
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Berita
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Operator/Agency/vessel name/voyage
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA

 

Arus Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Meningkat, Pelindo III Berencana Lakukan Pendalaman Kolam - 14 Mei 2019

Customsjakarta.com, Semarang - Arus peti kemas yang diangkut oleh kapal-kapal di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tahun demi tahun teris mengalami peningkatan. 

Menurut Dirut Pelindo III, Doso Agung, pada kuartal pertama tahun ini saja terjadi kenaikan sebesar 8,25%  jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini terjadi lantaran adanya pendalaman kolam yang sudah dilakukan oleh Pelindo III. Kondisi itu membuat kapal-kapal dengan gross tonage (GT) besar masuk ke Terminal Peti Kemas Semarang. Bahkan untuk kondisi saat ini, kapal-kapal yang masuk dapat mencapai 41.000 GT.

Secara total arus peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang selama bulan Januari hingga Maret 2019 sudah mencapai 169.867 TEUs dengan 105.937 boks. Sementara untuk periode yang sama pada tahun lalu, arus peti kemas di TPKS hanya mencapai 156.919 TEUs dengan 97.886 boks.

Hal ini menambah keyakinan Doso Agung untuk meminta kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan serta mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan melakukan hal sama. Pendalaman kolam di Terminal Peti Kemas di pelabuhan lainnya diharapkan juga memiliki kedalaman yang sama dengan kolam Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Menurut Recky Julius Uruilal, General Manager Terminal Peti Kemas Semarang, yang dikelola oleh Pelindo III,  untuk urusan pendalaman alur merupakan kewenangan otoritas. Sementara pendalaman kolam yang dilakukan perusahaan adalah investasi perusahaan.