17 Sep 2021
Home
×
Login Area
Tentang LKK
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Operator/Agency/vessel name/voyage
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA
 

Realisasi Investasi Transportasi Terbesar, Ini Alasannya - 30 Jan 2020

Realisasi investasi di bidang sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi jadi yang terbesar sepanjang 2019 seiring dengan peningkatan kebutuhan permintaan jasa logistik.

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi di sektor yang merepresentasikan logistik tersebut mencapai Rp139 triliun atau 17,2% dari total keseluruhan investasi. Jumlah tersebut terdiri dari Rp 68,1 triliun penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan 70,9 triliun penanaman modal asing (PMA).

Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) Zaroni Samadi menilai sumber asal investasi sektor ini lebih banyak dari PMA meski perbedaan dengan PMDN relatif kecil. "Ini menunjukkan minat investor asing cukup tinggi untuk berinvestasi di sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi. Pemicunya adalah kebutuhan permintaan jasa logistik dan peningkatan sektor logistik semakin meningkat," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (29/1/2020).

Sementara itu, Chairman SCI Setijadi menuturkan realisasi sektor Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi tersebut karena investor melihat tingkat pertumbuhan sektor ini tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya. Pada 2018, misalnya, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 7,01%, sedangkan Informasi dan Telekomunikasi sebesar 7,04%.

Sebagai perbandingan, pertumbuhan PDB Perdagangan sebesar 4,97% dan Industri Pengolahan sebesar 4,27%, walaupun kontribusi keduanya terhadap PDB cukup tinggi, berturut-turut sebesar 13,57% dan 20,7% (tertinggi). Menurutnya, investor mempertimbangkan data pertumbuhan tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya, berikut proyeksi pada beberapa tahun mendatang yang diperkirakan tetap konsisten.

Sumber dan berita selengkapnya: